Kamis, 11 Februari 2010

Reggae.. yo maaaan...!


yo man...... gue mau cerita dikit ni, tentang reggee.....
gini brother, gue itu kan salah satu murid sutimah... bukan bu guru sutimah maksud gue, tapi susah tidur malam... yo'i, gue blom bisa tidur kalau adjan subuh blom berkumandang.... kalau bahasa kedokterannya itu insomnia,....

Nah, semalam tuh gue nonton acara yang udah bangkotan nemenin gue kagak tidur malem... salah satu acara yang di naungi Mtv yang dibawaain Vj adit n' Vj surya... yapz pasti lo dah pada tau kan...!

Gini, semalam bintang tamu yang dihadirin si Ras Muhammad. Dia juga salah satu musisi favourit gue.. pada tau kagak lo... yang lagunya gini "jika kau suka dengan lagu ini... nyalakan api... nyalakan api..." nah pasti tau kan lo.. yah, dia lagi ngeluarin album barunya.... Dan dia adalah salah satu trendseter music reggae di indonesia tercinta ini, banyak lagi sich, kayak steven N' coconouttrez banyak lagi dah... beda sma gue, kalau gue kan trendseter buat para pengangguran... wkwkwwk....

Gue denger dari dia, ternyata music reggae itu berasal dari salah satu negara di Amerika yaitu Jamaika (busyet, anak kingkong yang gak disekolahin sama emaknya juga tau..). Ow yah dan musiknya sendiri itu berawal dari music SKA, dan karna berbagai sebab akhirnya musiknya di per-indah oleh orang2 jamaika, dan jadilah music Reggae... gitu dong kratif, gk niru2 karya orang....

Nah, kata reagee itu sendiri sbenrnya gak ada unsur tertentu yang mengandung arti musik tersebut... kata itu berawal dari sebuah lirik lagu musisi reggae...! Nah kalau bang Bob Marley tau kan.... Ternyata dia adalah generasi partama buat musik reggae dan juga musisi reggae pertama yang meng-Internasional musik ini... wuih.. keren abizz. Tapi bang Bob bukan pencipta musik ini.. masih ada lagi di atasannya bang Bob... (loh..kapan Bob Marley kawin sama kakak gue, gue manggil bang Bob ame die..).

Ow yah, kalau kita bilang anak reggae itu harus identik dengan yang namanya cimenk/bakung/baks/gele/ganja itu salah besar. Karna gak semua anak reagee itu kayak gitu sobat... Jadi kalau lo mau jadi anak reggae, yah lo gk harus pake daun terlarang itu.. mungkin lo bisa ngopi kayak mbah surip, he..he... yang pentingkan musiknya man... dan lo juga gak mesti gimbal man, karna reggae gak mesti gimbal, gimbal juga gk mesti reggae...! kayak kemaren gue ketemu orang gimbal di taman, ternyata dia dengerin lagunya dangdut di Ipodnya... kaaacaauu..
mendingan gue.. biar tampang gue PUNK, tapi hati gue tetep Pink (kangen band) he..he..

Nah, lo taukan benderanya reggae warnanya merah, kuning, hijau....
itu ada arti filosofi sendirinya man... !
kalau warna merah itu melambangkan manusia, kalau kuning itu sbenrnya warna emas yang artinya kekayaan/kebudayaan, kalau hijau itu melambangkan alam..
jadi arti keseluruhannya itu adalah manusia yang hidup dari kebudayaan alam... Keren banget yah filosofinya...

Nah itulah sedikit pengetahuan gue tentang musik reggae, yah cuma secomot aja yg gue tau....
tapi genre musik apapun yang kita pilih, yang penting itu semua bisa bkin kita enjoy, santai kayak di pantai... dan yang paling penting fiss love (cinta damai).. udah gk jaman lagi pake otot man,.. yo maaaaan....!

3 komentar: